Pages

Senin, 15 April 2013

Sistem Ekonomi Indonesia


Nama : fuad rizky sandi 
Npm   : 23212066
kelas : 1eb 26

SISTEM EKONOMI INDONESIA
Evolusi Pemikiran Sistem Ekonomi Pancasila
      Pergumulan pemikiran tentang suatu sistem ekonomi apa yang sebaiknya digunakan oleh suatu perekonomian atau negara adalah proses yang tidak pernah berhenti.Demikian halnya dengan Indonesia.Pergulatan pemikiran tentang sistem ekonomi  apa yang sebaiknya diterapkan Indonesia telah dimulai sejak Indonesia belum mencapai kemerdekaanya.Sampai sekarang pergulatan pemikiran tersebut masih berlangsung,yang tercemin dari evolusi pemikiran tentang Sistem Ekonomi Pancasila.Menurut para ahli,pergulatan pemikiran tentang Sistem Ekonomi Pancasila pada hakikatnya merupakan dinamika penafsiran tentang pasal-pasal ekonomi dalam UUD 1945.
Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Pancasila
      Ciri-ciri Sistem Ekonomi pancasila,yang sering disebut pula sebagai Demokrasi,secara garis besar ada empat sebagai berikut :
·        Peranan negara penting,tetapi tidak dominan.Maksudnya,agar dapat dicegah tumbuhnya sistem ekonomi komando.Peranan swasta penting,tetapi tidak domina.Maksudnya,agar dapat dicegah tumbuhnya sistem liberal.Dalam Sistem Ekonomi Pancasila, usaha negara dan swasta tumbuh berdampingan secara seimbang.
·        Sistem ekonomi tidak didominasi oleh modal dan tidak didominasi buruh.Sistem Ekonomi didasarkan atas asas kekeluargaan menurut keakraban hubungan antarmanusia
·        Masyarakat memegang peranan penting.Maksudnya, produksi dikerjakan oleh semua,dan dibawah pimpinan atau pengawasan anggota-anggota  masyarakat.
·        Negara menguasai bumi,air,dan kekeyaan alam yang terkandung didalamnya.

Sistem ekonomi berdasarkan atas sila-sila dalam Pancasila.Dalam sistem
ekonomi inilah koperasi dikembangkan,sekaligus berfungsi mengarahkan perkembangan ekonomi Indonesia ke arah Sistem Ekonomi Pancasila.
          Dalam Demokrasi Ekonomi yang berdasarkan Pancasila, harus dihindarkan ciri-ciri negatif seperti berikut ini.
·        Sistem ekonomi liberal yang bebas. Artinya,sistem ekonomi yang menumbuhkan eksploitasi atau pemerasan terhadap manusia dan bangsa lain.Dalam sejarahnya,sistem ekonomi liberal yang bebas di Indonesia telah menimbulkan kelemahan posisi Indonesia dalam ekonomi Indonesia.
·        Sistem wkonomi komando.Artinya,negara beserta aparatur ekonomi negara bersifat dominan,mendesak,dan mematikan potensi serta daya kreasi unit-unit ekonomi swasta.
·        Persaingan tidak sehat,serta pemusatan kekuatan ekonomi pada suatu kelompok atau monopoli yang merugikan masyarakat.
Sumber: Rahardja,Prathama.Pengantar Imu Ekonomi (Makroekonomi/Mikroekonomi),edisi ketiga/Prathama Rahardja,Mandala Manurung-Jakarta:Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia,2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar