Pages

Senin, 15 April 2013

Perkembangan Konsep Pembangunan Indonesia


Nama : fuad rizky sandi 
Npm   : 23212066
kelas : 1eb 26


PERKEMBANGAN KONSEP PEMBANGUNAN INDONESIA
Michael P.Todaro mengartikan pembangunan sebagai suatu proses multi dimensional yang melibatkan perubahan-perubahan besar dalam sruktur sosial,sikap mental,dan lembaga-lembaga sosial.Perubahan tersebut didalamnya termasuk pula percepatan atau akselerasi pertumbuhan ekonomi,pengurangan ketimpangan pendapatan,dan pemberantasan kemiskinan absolut.Pembangunan pada hakikatnya,harus menyuarakan perubahan .Dengan demikian,seluruh sistem sosial menjadi seirama atau senada dengan berbagai dasar kebutuhan dan keinginan masing-masing kelompok masyarakat yang bernaung didalam sistem itu,bergerak maju dari kondisi kehidupan yang serba kekurangan dan tidak memuaskan menuju kepada kondisi kehidupan yang jauh lebih baik,material maupun spiritual.
            Paling tidak,ada tiga komponen dasar atau nilai-nilai hakiki yang seharusnya terdapat dalam kosep dasar dan petunjuk praktis untuk memahami arti hakiki dari pembangunan.Nilai-nilai hakiki tersebut adalah:kebutuhan hidup,harga diri dan kebebasan yang menggambarkan tujuan –tujuan umum yang diusahakan oleh individu dan masyarakat seutuhnya yang dianut oleh bangsa indonesia.
            Sayidiman Suryohadiprojo mengemukakan bahwa pembangunan nasional ialah suatu usaha atau gerak dinamika bangsa Indonesia untuk memperoleh tempat yang layak dan tepat dalam masyarakat umat manusia.Hakikat pembangunan nasional tetap merupakan pembangunan manusia dan masyarakat seutuhnya. Sejak orde lama sudah ada usaha pembangunan nasional,namun dapat dikatakan bahwa pembangunan nasional dimulai secara sistematis dan sungguh-sungguh sejak orde baru.
            Paradigma pembangunan nasional mulai terbentuk dalam sidang-sidang seminar TNI AD II yang diselenggarakan di Bandung tahun 1966. Pedoman pembangunan nasional harus dilandasi pancasila dan UUD 1945.Akan tetapi,harus diperhatikan juga perkembangan internasional dan berusaha memperoleh manfaat secara maksimal.Dalam konteks inilah, maka pembangunan ekonomi indonesia bertujuan untuk menciptakan kekuatan ekonomi yang mendatangkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat dan menjadikan bangsa Indonesia mampu berpatisipasi dalam kehidupan internasional secara efektif dan berhasil guna..
            Dengan berbagai konsep yang ditawarka para ahli bahwa intinya pembangunan nasional indonesia sama yaitu untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.. oke..

SUMBER :BUKU PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEBIJAKAN EKONOMI GLOBAL.MEI 2000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar